google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k

Photo by rawkkim on Unsplash

Liburan ke Korea Dengan 10 Tips Ini

Korea menjadi salah satu tujuan liburan karena tidak hanya menawarkan kota metropolitannya untuk dijelajahi tetapi juga ada wisata budaya yang menjadi ciri khas Korea. Di artikel ini, POPKOR Indonesia memberikan tips 10 tips liburan ke Korea agar liburanmu jadi lebih menyenangkan.

1. Memberi Tip Tidak Diwajibkan Saat Kamu Liburan ke Korea

Berbeda dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, memberi tip di Korea Selatan tidak diwajibkan. Meskipun tidak diwajibkan memberi tip, restoran-restoran yang berada di Korea ini tidak serta merta memberikan pelayanan yang buruk terhadap pelanggannya. Budaya Korea memang tidak membiasakan pemberian tip baik itu di restoran, taksi, salon, porter, atau pun bellboy. Jika kamu ingin tepat memberikan tip, jumlah tip yang diberikan tidak dipatok terhadap persentase tertentu.

2. Kunjungi Tempat yang Dikunjungi oleh Penduduk Setempat

Sebagai tujuan wisata yang terkenal, Korea memiliki banyak tourist trap, Untuk menghindari tourist trap saat kamu liburan ke Korea kunjungi tempat-tempat di mana penduduk setempat menghabiskan waktu untuk nongkrong. Misalnya, kalau kamu ingin wisata kuliner dengan harga yang bersahabat kamu bisa mengunjungi daerah Mangwon atau pun tempat-tempat lainnya seperti Apgujeong, Hangangjin, dan Dongdaemun.

3. Berteriak di Restoran Adalah Hal yang Lumrah

Hidangan Restoran Saat Liburan di Korea
Photo by Markus Winkler on Unsplash

Tidak seperti negara Asia lain,  berteriak di restoran sangat lumrah dilakukan oleh pelanggan restoran. Di negara lain, untuk memanggil pelayan restoran biasa digunakan Bahasa tubuh tapi di Korea, penduduk setempat lebih suka berteriak untuk menarik perhatian pelayan restoran.

4. Pelajari Bahasa yang Biasa Diucapkan Penduduk Setempat Sebelum Liburan ke Korea

Meskipun di beberapa kota besar di Korea penduduknya bisa berbahasa Inggris, ada baiknya kita sebagai turis belajar beberapa frasa umum yang sering digunakan di Korea. Berikut adalah kalimat kalimat yang sering diucapkan di Korea: 안녕 하세요? dibaca “Annyeong haseyo” artinya (Apa kabar?), 안녕히 계세요 dibaca “Annyeonghi kyeseyo” artinya (Selamat tinggal). 안녕히 가세요 dibaca “Annyeonghi kaseyo” artinya (Selamat jalan). 고맙습니다 / 감사합니다 dibaca “Komapseumnida/Kamsahamnida” artinya (Terima kasih). 죄송합니다 / 미안합니다 dibaca “Choesonghamnida/Mianhamnida” artinya (Ma’af). 네 dibaca “Ne” artinya (Ya). 아니요 dibaca “Aniyo” artinya (Tidak/Bukan).

5. Tempat Sampah yang Jarang di Tempat Umum

Di Korea, tempat sampah di tempat umum sangat jarang ditemukan. Jika kamu menemukan kotak sampah, pastikan double check kalau yang kamu temukan adalah tempat sampah. Karena banyak yang turis yang mengira bahwa yang mereka temukan adalah tempat sampah, padahal yang mereka temukan adalah tempat untuk mengirimkan surat.

6. Berapa Hari Yang Diperlukan untuk Jalan-Jalan di Korea?

Sebelum memutuskan berapa hari yang diperlukan, sebaiknya sebelum dimulai perjalanan kita harus menetapkan dulu tujuan travelling kita. Kalau kamu hanya ingin menikmati budaya metropolitan Korea, berbelanja, dan menikmati pemandangan, 8 hari adalah jumlah yang lebih dari cukup. Tapi, kalau kamu ingin menjelajahi Korea lebih jauh seperti menjelajahi Pulau Jeju, Desa Budaya Gamcheon, atau pun Desa Bukchon Hanok, kamu mungkin butuh 10 hari atau lebih.

7. Transportasi Publik Sangat Efisien dan Murah

Kereta Bawah Tanah untuk Liburan di Korea
Photo by Adam Chang on Unsplash

Untuk bepergian di Korea, kamu tidak perlu sampai menyewa mobil karena transportasi publik yang tersedia di Korea sudah sangat efisien dan murah untuk para traveller. Transportasi yang tersedia banyak menjangkau tujuan-tujuan wisata sehingga sangat memudahkan para traveller. Setibanya di Korea, disarankan untuk membeli kartu T-Money. Kartu ini adalah kartu yang dapat digunakan untuk bus umum dan kereta bawah tanah atau subway di beberapa kota metropolitan di Korea. Selain itu, dengan membeli kartu ini, kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli tiket setiap kali menaiki transportasi umum. Ditambah, para pemegang kartu T-Money ini sering kali mendapatkan diskon untuk tujuan tertentu. Jika kamu lebih suka menggunakan taksi, di Korea juga banyak tersedia taksi yang perhitungan harganya berdasarkan jarak dan waktu tempuh. Disarankan untuk menghindari taksi deluxe yang di mana bertarif lebih mahal untuk pelayanan yang diklaim lebih baik dari taksi biasa.

8. Unduh Aplikasi Untuk Membantu Navigasi

Kalau kamu adalah first time traveller yang liburan ke Korea ada baiknya untuk mengunduh aplikasi seperti aplikasi metro yang menunjukan peta kereta di Korea. Memang tampilan awalnya cukup rumit namun kamu bisa memasukan stasiun tujuan dan aplikasi ini akan merekomendasi jalur yang harus ditempuh. Aplikasi yang banyak digunakan oleh first time traveller di Korea ini bernama Seoul Metro dan Busan Metro Map. Ada juga aplikasi yang memberikan tip untuk bepergian dan wisata kuliner seperti VisitKorea yang juga sangat membantu untuk first time traveller.

9. Tips Liburan ke Korea untuk Berbelanja

Korea menjadi tujuan wisata internasional bukan hanya karena pemandangannya, tapi juga karena Korea merupakan negara tujuan wisata berbelanja. Seoul sebagai ibu kota Korea, memiliki beberapa titik untuk memenuhi kebutuhan berbelanja kamu, antara lain:

  • Myeongdong: Tempat berbelanja terbaik untuk wanita dan fashion enthusiast. Terdapat banyak toko kosmetik.
  • Namdaemun: Tempat yang cocok untuk belanja grosir meskipun hanya untuk barang-barang tertentu.
  • Dongdaemun: Tempat berbelanja pakaian dengan harga hemat di kantong.
  • Insadong: Tempat yang cocok untuk membeli souvenir.
  • Garosugil: Cocok untuk turis yang ingin membeli pakaian hasil desainer kondang.

Tempat-tempat di atas rata-rata tutup jam 10 malam.

10. Tempat yang Harus Dikunjungi

Kalau kamu bingung harus ke mana di Korea, berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi berdasarkan kota-kota di Korea.

Seoul:

  • Istana Gyeongbokgung
  • Desa Bukchon Hanok
  • Myeong Dong
  • Namdaemun
  • Dongdaemun Design Plaza
  • Garosugil Shopping Street
  • Menara Seoul
  • Tempat Berbelanja di Ewha Womans University

Busan:

  • Desa Budaya Gamcheon
  • Taman Taejongdae
  • Pasar Ikan Jagalchi
  • Busan International Film Fest Square
  • Pantai Gwangalli
  • Pantai Haeundae
  • Pantai Songdo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k