google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k
Jajanan Korea

Jajanan Korea yang Bikin Kangen Banget Korea

Supaya tidak bingung saat jajan di Korea nanti, berikut 8 rekomendasi jajanan Korea dari popkor.id yang harus kamu coba

Bungeoppang, Jajanan Korea Lucu Berbentuk Ikan

Karena bentuknya yang menyerupai ikan mas, jajanan Korea ini sering juga disebut kue ikan mas. Bungeoppang terbuat dari tepung terigu dengan isi kacang merah. Kue yang terkenal dengan rasanya yang manis ini berasal dari kata ‘bungeo’ yang berarti ikan mas dan ‘ppang’ yang berarti roti.

Bungeoppang Jajanan Korea Lucu Berbentuk Ikan
Bungeoppang
(www.ellenaguan.com)

Diperkenalkan ke Korea pada tahun 1930, ternyata jajanan Korea ini diadaptasi ini dari makanan Jepang yang mempunyai bentuk sama, yaitu Taiyaki. Zaman dahulu, jajanan Korea ini adalah gabungan waffle dan pangsit. Kue berbentuk ikan ini tidak hanya ada di musim tertentu saja, loh! Namun jajanan Korea ini akan lebih gampang ditemukan saat musim dingin di Korea Selatan.

Selain rasanya yang manis, Bungeoppang ini bertekstur lembut dengan kerenyahan di bagian luarnya. Apakah kalian pernah menemukan ini? Atau malah kalian pernah mencobanya juga?

Tokkebi, Sosis Tusuk Korea yang Sudah Mendunia

Tokkebi adalah jajanan Korea yang terbuat dari sosis, dicelupkan ke adonan tepung terigu dan dibalur dengan kentang yang dipotong kecil-kecil, lalu digoreng ke dalam minyak panas. Walaupun jajanan Korea ini dibuatnya mudah, tapi rasanya benar-benar bikin ketagihan.

Tokkebi dapat ditemukan mudah di pinggir-pinggir jalanan Korea dan merupakan salah satu jajanan favorit di sana karena harganya yang murah serta gampang dibeli. Lucunya, karena terlihat seperti tongkat iblis yang berduri, banyak orang di Korea sana menggunakan Tokkebi untuk memberi mantra-mantra aneh bagi orang lain.

Saking populernya, Tokkebi juga sudah mulai banyak ditemukan di China, Jepang, bahkan Indonesia. Orang Indonesia sendiri mengenal Tokkebi dengan nama Hot Dog Kentang. Untuk memakan jajanan Korea ini biasanya ditemani dengan saus sambal, tomat, dan mayones agar makin nikmat rasanya.

Hweori Gamja, Kentang Renyah Favorit Banyak Rasa

Terbuat dari kentang yang dipotong bentuk spiral , ditusuk sate, lalu digoreng hingga renyah. Setelah digoreng Hweori Gamja akan ditaburi bumbu rasa, seperti rasa pedas, BBQ, keju, dan lain-lain. Jajanan Korea ini pernah sangat sekali populer karena rasanya yang enak dan bentuknya yang unik, saking uniknya Hweori Gamja juga disebut sebagai kentang tornado.

Dakkochi, Sate ala Korea yang Bikin Lidah Bergoyang

Siapa bilang Indonesia saja yang punya sate? Korea juga punya, namanya Dakkochi. Rasanya sangat enak, manis, dan sedikit pedas karena daging ayamnya terlebih dahulu dibumbu dan didiamkan sampai meresap. Hingga akhirnya dipanggang dengan glasir kecap manis.

Jajanan Korea ini biasanya dimakan bersama dengan nasi dan Gochujang, yaitu pasta cabai Korea. Kalau tidak kuat pedas kamu bisa memakan Dakkochi dengan tambahan saus tomat, mayones, atau bubuk keju.

Jajanan ini sangat gampang sekali ditemukan di mini market maupun depan sekolah-sekolah Korea, dengan kisaran harga 1000-1500 Won tiap tusuknya.

Tokbokggi, Jajanan Paling Hits di Film dan Drama Korea

Ini dia jajanan Korea yang mungkin paling terkenal, karena suka muncul dalam film maupun drama-drama Korea. Selain terkenal sebagai jajanan, Tokbokggi juga dikenal sebagai makanan yang dapat dimakan cepat selagi sedang sibuk-sibuknya bekerja. Gampang sekali untuk menemukan gerai penjual jajanan ini di pinggir jalanan setiap belokan di Korea.

Jajanan di setiap belokan jalanan Korea
Tokbokggi
(https://bunbobae.com/)

Dibuat dari Tok, kue tepung beras yang warnanya putih dan bentuknya lonjong elastis. Biasanya ditambahkan juga ramen, daging sapi, seafood, serta Gochujang sebagai pelengkap. Harganya murah hanya 2500-3000 Won saja.

Tok Kue Tepung Beras Korea
Tok
(https://www.winnetnews.com/)

Rasa Tokbokggi adalah manis dan pedas, bila tak kuat pedas kamu bisa pergi ke Myeongdong untuk menikmati Tokbokggi asli Korea yang tidak pedas. Karena banyak Tokbokggi di sana yang disesuaikan untuk turis mancanegara yang tidak bisa memakan makanan pedas.

BBopki, Gulali Manis ala Korea

Gulali Korea
BBopki
(https://www.maangchi.com/)

Mempunyai nama lain Dalgona. Ini dia permen khas Korea, kalau di Indonesia sih mirip sekali dengan Gulali namun bentuknya saja yang tidak aneh-aneh. Bbopki rasanya manis karena terbuat dari larutan gula dengan baking soda agar mengembang saat dibuat.

Dalam memakannya biasanya dihabiskan dulu bagian pinggir dan bagian yang tidak bergambar, hingga membentuk bagian yang bergambar itu sendiri. Jika berhasil memakan habis tanpa hancur atau patah, biasanya kamu akan diberi satu lagi BBopki secara cuma-cuma oleh penjual. Gimana? Bisa gak kamu?

Odeng, Jajanan Tepat Agar Badan Tetap Hangat

Ini adalah jajanan Korea yang enak banget dimakan saat musim dingin, karena terbuat dari ikan yang direbus dengan kuah kaldu. Selain dimakan dengan sup, Odeng juga biasa dengan saus kedelai. Hebatnya kaldu Odeng dibuat menggunakan lima belas bahan berbeda, keren kan?

Odeng pertama kali populer di kota Busan, saat zaman pendudukan Jepang. Salah satu restoran Odeng paling terkenal ada di restoran Busan’s Reowned Hoe House, karena restoran ini sudah menyajikan Odeng sejak tahun 1968.

Kalau makan di pinggir jalan Korea, kita tidak diperbolehkan membuang tusuk bekas makan Odeng, karena tusuk itu yang nantinya akan dihitung sebagai jumlah bayar. Harga Odeng sendiri cukup murah biasanya hanya 500 Won per-tusuk.

Gyeran Ppang, Roti Telur Hangat yang Siap Lumer di Mulut

Roti telur dengan aroma wangi vanili
Gyeran Ppang
( http://messywitchen.com )

Jajanan yang enak ini terbuat dari roti gurih kenyal seperti pancake berbentuk persegi panjang dengan telur di atasnya. Gyeran Ppang disebut juga roti telur. Makanan ini beraroma wangi karena biasanya menggunakan ekstrak vanili di dalam adonannya.

Gyeran Ppang juga biasanya menggunakan berbagai topping seperti peterseli, keju, dan daging ham yang dipotong dadu. Jajanan korea ini sangat enak dimakan selagi hangat dan harganya cukup murah. Wah enak banget kan kayanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k