google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Nonton Film Kim Ji-young, Born 1982

Kim Ji young
Pooster Film Kim Ji young, Born 1982 via Imdb.com

Film Kim Ji Young, Born 1982 sedang tayang di bioskop-bioskop di Indonesia khususnya di bioskop CGV. Film ini mengisahkan tentang keluarga muda, Daehyon (Gong Yoo) dan Ji Young (Jung Yu Mi) yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama yaitu Kim Ji Young, Born 1982. Ada apa sih dengan keluarga ini? kenapa kamu harus nonton film ini? berikut review tentang film Kim Ji Young, Born 1982.

1. Kisah Pilu Seorang Kim Ji-Young

Lahir dari sebuah keluarga kecil kelas menengah di Korea Selatan membuatnya bersikeras untuk bisa bekerja dan akhirnya ia diterima di sebuah agensi pemasaran. Ia bertemu dengan Daehyon yang diperankan oleh Gong Yoo. Mereka memutuskan untuk menikah dan karena tuntutan keluarga Daehyon, mereka pun mencoba untuk memiliki seorang anak.

Menjadi seorang ibu rumah tangga dan memilih berhenti untuk bekerja membuat Kim Ji Young merasa jenuh dan sedih. Ia merasa ‘terperangkap’ dalam rutinitas sehari-hari. Lambat laun, Ji-young mulai berperilaku dan berbicara seolah-olah dia adalah orang lain. Di momen tertentu, ia berbicara seperti neneknya atau seperti kakak perempuannya. Seolah-olah ada arwah yang masuk ke dalam tubuh Kim Ji-Young.

2. Cerita Perempuan yang Diremehkan dalam Bidang Pekerjaan

Menonton film ini membuatmu, khusunya perempuan, merasa relate atau mungkin pernah diremehkan ketika bekerja dikantor. Film ini mengangkat isu feminisme dengan cerita yang dibalut tidak hanya dari kisah Kim Ji-young saja, namun juga memuat cerita tentang orang terdekatnya. Salah satunya tentang bos Kim Ji-young, seorang wanita karir yang mampu menghadapi tekanan dari kolega pria. Film in juga mengisahkan Ibunya yang harus mengubur mimpinya menjadi seorang guru dan memilih untuk membesarkan Kim Ji-young dengan saudara-saudaranya.

3. Perhatian suami yang merasa bersalah

Alih-alih menyalahkan Kim Ji-young dengan penyakit yang sedang dideritanya. Di awal scene terlihat Dahyeon sangat khawatir dengan keadaan istrinya. Ia terlihat sangat terpukul dan akhirnya memilih untuk menemui psikiater untuk mempertanyakan masalah apa yang dialami Istrinya. Pada sebuah scene juga, ketika ia memberitahukan Kim Ji-young perihal penyakit yang dideritanya. Dahyeon meminta maaf, karena telah menikah denganya Kim Ji-Young mulai sakit seperti ini.

4. Mertua yang Bikin Greget

Peran mertua dari Ji Young membuatmu deg deg ser ketika menonton film ini. Film ini membuat seolah mertua Ji young menambah beban baik dari Daehyeon, suaminya, maupun Ji young sendiri. Berdasarkan norma dan kebiasaan masyarakat Korea Selatan dimana seorang istri harus melayani suami dan keluarganya. Keluarga Daehyeon sendiri termasuk yang konservatif sehingga menuntut Ji young untuk selalu membantu dan melayani suaminya. Ibunya Daehyeon juga melarang putranya untuk melakukan pekerjaan rumah dan memberikan beban itu kepada Ji-Young. Pada akhirnya, Ji young pun tidak dapat memendam amarahnya lagi dan mengeluarkan suaranya yang dilihat seolah menantang oleh mertuanya sendiri. Keluarga Dae-Hyoen kaget dengan perilaku Ji-Young yang jauh dari normal. Dea-Hyeon sendiri sudah mengetahui keadaan Ji-Young yang seperti ini, tapi memilih untuk tidak memberi tahu siapa-siapa.

5. Sebuah harapan yang terputuskan

Ji Young ingin sekali untuk dapat bekerja kembali. Awalnya ia ingin bekerja paruh waktu di sebuah toko kue dekat dengan rumahnya. Ia berpikir sembari menitipkan anaknya di penintipan anak, ia bisa bekerja menjadi seorang kasir pada toko tersebut. Namun, Daehyeon yang tau dengan penyakit Ji-young melarangnya untuk bekerja dan fokus hanya mengurus Ah-Young anak mereka berdua. Pada titik ini harapan Ji young terputuskan untuk pertama kalinya. Ia sedih dengan suaminya sendiri yang menentangnya untuk bekerja. Satu hal yang pasti pada saat itu Ji young belum tahu tentang penyakit yang dideritanya.

Harapan itu timbul lagi ketika bos Ji young ditempat yang sebelumnya ia bekerja membuat sebuah perusahaan kecil dan baru. Kolega Ji young memberi saran untuk Ji young melamar pada bosnya. Ia diterima. Namun, keputusan ada ditangan suaminya, Dahyeon. Sayang, Ji young belum mendapatkan pengasuh untuk anaknya. Ditambah dengan mertua yang tidak menyetujui putranya yang harus mengambil cuti melahirkan selama 1 tahun. Disinilah titik klimaksnya.

6. Jalan keluar yang dicari bersama-sama

Semua hal terbongkar. Dari penyakit Ji young yang akhirnya diketahui oleh Ji young sendiri, ibu mertua dan keluarga ji young. Namun, ikatan pernikahan antara Ji young dan Daehyeon semakin erat. Jalan keluar yang mereka ambil ialah, Ji young yang berobat ke rumah sakit, Ia tidak bekerja bersama bos nya namun ia menemukan pekerjaan yang sejak dulu ia idam-idamkan, menjadi seorang penulis di rumah. Daehyeon yang sudah berpikir dari awal untuk merelakan karirnya dengan mangambil cuti melahirkan dan membantu Ji young mengasuh anak mereka Ah young. Penasaran dengan filmnya? Kuy tontonin filmnya sebelum hilang dari peredaran.

7. OST Kim Ji Young yang Sedih dan Enak buat Didengar

Naah, hal yang paling penting dari sebuah film adalah OST nya.

Kamu penasaran dengan review film lainnya? Penasaran dengan film CRAZY ROMANCE? Yuk baca reviewnya dari Popkor.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

google-site-verification=X1vYYHi_DQNgwf1NlzBz4dEx93FHKE9LagvLVMk7N1k